NEWS
DETAILS
Rabu, 28 Aug 2013 00:00 - Satu Hati Kaltim

Bohlam putus dalam tempo singkat dialami salah satu pengendara motor pada skubeknya yang berlampu dua. Karena mekanik tahunya bohlam putus, disarankan agar ganti tanpa melakukan pemeriksaan part lain. Nggak lama, salah satu bohlam kembali putus dan aki ikutan soak.

Jika seperti itu, kiprok di skubek alami masalah. Gejala bisa dimulai dari komponen pengatur arus ke lampu, lalu merambat ke komponen pangatur pengisian aki. Apalagi kedua bertempat di dalam satu boks (kiprok). Maka obatnya cuma ganti kiprok original.

Sumber arus listrik motor didapat dari lilitan sepul arus AC (AC = Alternating Current) dan besar tegangan berubah-ubah sesuai putaran mesin. Maka diperlukan alat pengubah sistem arah arus dari AC jadi DC, yang selanjutnya ditampung di aki dan tidak akan balik ke sepul pengisian. Alat inilah yang kita sebut Kiprok.

Seiring kemajuan teknologi, kiprok terdiri dari dioda (berupa mikro elektronik berbahan material semi-konduktor bersifat sebagai pengantar arus listrik pada satu arah), akhirnya pabrikan motor mengembangkan teknologi pada kiprok yang namanya jadi regulator/rectifier.

Di dalam komponen pun masih dilengkapi kiprok yang disempurnakan rangkaian penyetabil tegangan. Jadi, meski motor tak dilengkapi kiprok (kiprok rusak), kelistrikan seperti lampu tidak cepat putus. Semoga penjelasan diatas dapat memudahkan Anda untuk lebih sering mengecek kendaraan motor Anda.

Sumber: autofresh.net

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK