NEWS
DETAILS
Sabtu, 09 Aug 2014 00:00 - Satu Hati Kaltim

Sepeda motor merupakan benda berharga kita. Selain perawatan rutin yang dilakukan, sebagian besar dari kita tentu sangat senang melihat kendaraan roda dua kita terlihat bersih dari kotoran.

 

Menjaga sepeda motor dari kotoran atau noda adalah salah satunya dengan mencucinya secara rutin. Saat melakukannya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencuci sepeda motor, agar tidak menyebabkan masalah yang tidak diinginkan tehadap sepeda motor kita.

Biasanya kesalahan yang dilakukan oleh orang awam, adalah mencuci sepeda motornya dengan air bertekanan tinggi. Hal ini sangat lumrah terjadi karena dengan air bertekanan tinggi maka kotoran yang menempel akan langsung rontok. Tetapi di balik itu, ada kemungkinan masuknya air ke dalam sela-sela socket atau komponen listrik. Tidak hanya itu, air juga dapat masuk ke selongsong kabel gas, kopling, ataupun rem.

Kesalahan kedua, adalah menggunakan minyak tanah untuk membersihkan rembesan oli yang sering timbul di daerah mesin. Penggunaan minyak tanah akan menyebabkan rusaknya part-part yang terbuat dari karet. Nah part dari karet ini, biasanya berupa seal yang menjaga agar oli tidak keluar dari mesin. Jadi bila seal rusak maka oli akan dengan mudah merembes ke luar. Permasalahan berikutnya adalah berkaitan dengan cat sepeda motor kita. Pada bagian ini yang perlu diperhatikan adalah jangan langsung mengusap kotoran kering yang menempel di bodi motor. Karena hal ini dapat menyebabkan cat bodi motor kita tergores. Kemudian yang sering terjadi adalah setelah dicuci, sepeda motor tidak langsung dikeringkan menggunakan lap atau kanebo. Hal ini akan menyebabkan tertinggalnya sisa-sisa oksida air yang membekas pada cat.

Selain itu juga, yang seing terjadi setelah dicuci pemilik sering memoles sepeda motornya dengan poles atau cairan pengkilat lainnya. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua poles tersebut baik, karena ada yang fungsinya untuk mengikis cat, ada yang fungsinya melapisi cat, dan lainnya. Pilihlah yang tetap sesuai fungsinya, yaitu untuk melapisi cat. Atau biasanya cairan terbuat dari bahan silicon. Sehingga cat motor kita pun terjaga keawetannya.

 

Sumber: Majalah Kabare Honda

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK